Lukisan Portrait Bukan Sekedar Karya

 

     https://www.google.com/search?q=lukisan+wajah&sxsrf=APq-WBviE8oF3pnkrB-JR404FsRq8Fx07Q:1650979885572&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwiigfGs67H3AhVYRmwGHYkgCvUQ_AUoAXoECAIQAw&biw=1366&bih=657&dpr=1#imgrc=bM4gunt1xbDzsM

Pada tulisan kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman yang berkaitan dengan objek (seni dan desain), kemudian saya akan menjabarkan apa yang membuat saya tertarik untuk meneliti hal tersebut lebih lanjut. Pengalaman yang akan saya ceritakan terkait dengan objek seni rupa kali ini adalah tentang lukisan wajah portrait yang beraliran realis. Lukisan wajah portrait ini pada umumnya dibuat diatas kertas ataupun kanvas. Dalam membuatnya kita bisa menggunakan pensil ataupun cat, baik berwarna maupun tidak. Kemudian objek yang akan dilukis bisa diambil langsung baik itu bertatapan dengan model aslinya ataupun dengan menggunakan foto yang telah dicetak ataupun yang masih disimpan didalam hp kita.

Dalam meneliti objek ini, pengalaman yang saya bisa ceritakan disini adalah pengalaman yang saya ambil dari pengalaman dari diri sendiri dan juga pengalaman yang saya dapat dari customer-customer saya yang berprofesi sebagai seniman. Dalam membuat lukisan wajah, salah satu kunci utama agar lukisan yang dibuat bisa terlihat mirip adalah proporsi dari tiap-tiap bentuk yang ada pada objek, misalnya seberapa jarak antara mata kiri yang kanan, kemudian jarak antara alis dengan mata, lalu jarak mata dengan hidung, hidung dengan mulut, dan begitu seterusnya. Selain jarak, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bentuk dari masing-masing objeknya, setelah itu hal terakhir adalah tentang cara shading dan memberi highlight agar lukisan portrait tersebut terlihat realis seperti objek aslinya atau pada foto.

Kemudian apa yang membuat saya untuk mendalami atau meneliti objek tersebut lebih lanjut? Dalam membuat sesuatu, kita pastinya akan memiliki perasaan ingin tahu sehingga kita bertanya-tanya kenapa kita membuat ini dan itu? Bagaimana cara membuatnya? Lalu apa benefitnya bagi diri sendiri ataupun orang lain?  Hal yang membuat saya ingin meneliti lebih lanjut tentang karya realis portrait adalah objek seni tersebut adalah salah satu hal yang menurut saya cukup unik, karena objek lukisan tersebut selain mirip dengan objek yang ada, tidak semua orang mampu membuat hal tersebut, sehingga saya sangat tertarik untuk terjun langsung dalam membuat karya tersebut dan meneliti hal-hal penting yang ada dalam objek tersebut. Kemudian, dalaam membuat karya seni ini, saya merasa ada pola pikir yang terbentuk karena terbiasa membuat objek lukisan tersebut. Contoh pola piker yang bisa diambil ialah Ketika membuat desain, walaupun kita belum mampu membuat objek lukisan serealistis dari apa yang kita lihat, paling tidak pikiran kita menuntun kita untuk membentuk objek yang arah posisinya sama dengan apa yang kita lihat, selain itu ada proporsi, bentuk, atau warna yang paling tidak akan kita buat sama dengan objek aslinya. Kemudian apa lagi yang bisa saya teliti? Selain dalam hal pola pikir, kita bisa meneliti tentang teknik dalam membuat shading yang melibatkan gradasi dari terang ke gelap ataupun juga sebaliknya. Bicara teknik, pastinya akan melibatkan alat-alat dalam menciptakan karya tersebut. Alat yang digunakan akan berpengaruh didalam teknik pembuatan karya tersebut, misalnya jika kita ingin membuat gradasi, kita bisa menggunakan tisu, cotton bud, atau paperstump jika karya tersebut dibuat hanya dengan menggunkan pensil.

Setelah meninjau kenapa saya tertarik meneliti objek ini, apa benefit karya ini bagi orang lain? Objek lukisan yang telah jadi bisa digunakan sebagai pajangan ataupun untuk hadiah atas momen tertentu. Kemudian apakah orang lain bisa belajar untuk membuat karya seni ini? Jawabannya tentu saja bisa karena ada beberapa teknik yang bisa dipelajari seperti menggunakan grid ataupun comparative measurement.

Saya kira cukup apa yang bisa saya tulis pada blog ini, semoga bermanfaat walaupun sedikit adanya, saya minta maaf apa bila terdapat kekurangan, terima kasih sudah membaca tulisan ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latar belakang pengaruh project atap negeri Fiersa Besari

Review Penelitian Kajian Seni Rupa dan Desain